Cara Membuat Kerupuk Tahu Pedas Favorit Keluarga

Apakah Anda penikmat tahu olahan? apakah kamu suka makanan ringan? Tenang Anda bisa membuatnya sendiri dengan mudah di dapur rumah Anda. Kerupuk yang merupakan cemilan dan pelengkap saat kita makan, banyak orang Indonesia suka kerupuk sehingga bisa dikatakan makan kurang enak jika tidak ada kerupuk. Di sini kita akan membahas bagaimana membuat kerupuk tahu yang lezat dan lezat.

Cara Membuat Kerupuk Tahu

Kerupuk adalah makanan yang terbuat dari tepung tapioka dan dicampur dengan bahan penyedap seperti ikan dan udang. Kerupuk dibuat dengan mengukus adonan dan kemudian dipotong tipis-tipis, dijemur atau dipanggang sampai kering dan digoreng dengan banyak minyak goreng.

Salah satu jenis varian kerupuk yang sering kita temui di pasaran saat ini adalah kerupuk tahu. cara membuat kerupuk tahu sangat mudah dan sederhana, karena untuk bahan dan peralatan mudah ditemukan di sekitar kita.

Kerupuk tahu sangat cocok untuk dijadikan camilan saat kita berkumpul bersama keluarga, menonton TV atau saat kita santai. Selain kerupuk tahu renyah dan gurih juga sehat karena mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh kita. Selain sebagai cemilan, biskuit tahu juga cocok untuk dijadikan suplemen saat kita makan.

Kali ini saya akan membagikan cara membuat kerupuk tahu yang renyah dan gurih sehingga kami bisa menjadikannya camilan sehat dan kami bisa mencobanya untuk keperluan bisnis.

Bahan utama

  •     10 potong pong cokelat tahu
  •     750 ml minyak
  •     300 ml air bersih

Bahan Pelapis:

  •     100 gr tepung terigu (coba gunakan mesin penepung)
  •     25 gr tepung beras
  •     1 sendok teh tepung jagung
  •     1/2 sendok makan bubuk cabai
  •     1 sendok teh garam
  •     1/2 sendok teh lada
  •     1/4 sendok teh kaldu ayam
  •     1/2 sendok teh bubuk bawang putih

Cara Membuat Kerupuk Tahu

  1.     Ambil tahu pong dan buang isinya sehingga hanya kulit yang tersisa, lalu cuci sampai bersih.
  2.     Siapkan minyak dan wajan, lalu panaskan sehingga saat adonan siap, minyak juga siap untuk digoreng
  3.     Masukkan bahan pelapis ke dalam baskom satu per satu, lalu aduk rata bahan pelapis
  4.     Celupkan tahu ke dalam campuran sampai tahu ditutupi secara merata oleh adonan pelapis
  5.     Tahu goreng menjadi minyak yang sudah kita panaskan sebelumnya. goreng di atas api sedang sehingga matang merata dan kering
  6.     Angkat dan tiriskan tahu yang sudah matang, dan biskuit tahu siap disajikan sebagai camilan atau sebagai pelengkap saat kita makan. Atau bisa juga dikemas menggunakan hand sealer.

Manfaat Tahu untuk Tubuh

1. Menjaga Keseimbangan Kardiovaskular

Tahu adalah makanan yang terbuat dari ekstrak kedelai, sedangkan kedelai itu sendiri adalah salah satu makanan yang dapat mengurangi kadar kolesterol dan kadar lemak dalam tubuh kita jika dikonsumsi secara teratur. Karena itu dengan mengonsumsi tahu secara teratur kita dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

2. Mengurangi Tingkat Kolesterol Darah

Dalam mengetahui ada kandungan asam linoleat yang bertindak sebagai sumber lesitin yang dapat melindungi metabolisme tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

3. mencegah encok

Protein yang ditemukan dalam tahu dapat mengurangi kadar purin dalam tubuh kita dan meningkatkan jaringan asam urat agar tetap sehat dan seimbang.

4. Mencegah Anemia

Tahu memiliki kandungan zat besi yang tinggi, sehingga dapat mempertahankan dan meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh, terutama orang dewasa karena persyaratan kerja sehingga kurang tidur dan kelelahan mengakibatkan penurunan jumlah sel darah merah di tubuh.

5. Jantung sehat

Tahu sebagai bahan dasar, kedelai memiliki kemampuan menekan dan menghancurkan bekuan kolesterol yang menyebabkan penyumbatan lemak jenuh di pembuluh arteri ke jantung, sehingga bisa mencegah penyakit jantung.

6. Sirkulasi Oksigen

Kandungan protein dan vitamin B kompleks yang terkandung dalam tahu dapat menyehatkan hemoglobin yang berfungsi untuk mengangkut dan mensirkulasi oksigen ke seluruh jaringan tubuh.

7. Memperlambat Proses Penuaan

Tahu mengandung isoflavon yang sangat baik dalam menghambat efek radikal bebas yang ada dalam aliran darah pada kolagen kulit dan permukaan kulit, sehingga dapat mencegah penuaan dini pada tubuh kita.

8. Mencegah Kanker Payudara

Tahu memiliki nutrisi yang dapat mengikat hormon estrogen pada wanita, kandungan isoflavon yang terkandung di dalamnya mengandung hormon estrogen yang kuat yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker di payudara wanita.

9. Mencegah Osteoporosis

Kedelai adalah jenis kacang-kacangan yang memiliki kandungan kalsium tinggi, sehingga bisa mengeraskan tulang, memperkuat tulang, dan memperbaiki tulang yang sudah keropos agar sehat kembali.

Nah, demikian tadi cara membuat kerupuk tahu dan beberapa manfatnya, semoga bisa menambah wawasan Anda. Sekian dan terima kasih