Cara Seleksi Bibit Ikan Bawal Berkualitas

Dalam memelihara ikan bawal, bibit ikan bawal merupakan hal yang penting. Terutama ketika ikan tersebut untuk bisnis, maka bibit bawal yang dipilih harus sangat berkualitas. Namun untuk memilihnya bukanlah perkara mudah. Lantas bagaimana tips yang bisa dilakukan?

Ikan bawal memiliki dua jenis, ada yang hidup di laut ada juga yang hidup di air tawar. Pemeliharan cara budidaya ikan bawal sangat mudah dan perkembangannya sangat cepat jadi banyak sekali yang menjadikan ikan bawal sebagai ladang bisnis.

Bibit ikan bawal yang berkualitas tentunya memiliki beberapa kelebihan tersendiri. Salah satu kelebihannya adalah pertumbuannya cepat. Bibit ikan bawal memiliki kelebihannya sendiri yaitu maka masa pemeliharaan yang lebih pendek juga akan mengurangi biaya produksi dan mengurangi risiko kematian ikan bawal.

Lalu bagaimana cara melakukan seleksi bibit ikan bawal berkualitas? Yuk kita simak pembahasannya di bawah ini.

Cara Melakukan Seleksi Bibit Ikan Bawal Berkualitas

Buta Anda yang ingin mejalankan usaha ternak ikan, berikut ini cara untuk menyeleksi benih ikan bawal berkualitas yang sebaiknya diperhatikan dengan baik.

1.Ciduk bibit ikan bawal

Langkah pertama dalam melakukan seleksi bibit ikan bawal yaitu ciduk bibit ikan bawal dengan sekup net atau ayakan alumunim. Lalu masukkan bibit ikan ke dalam ayakan kemudian seleksi bibit ikan bawal ke dalam bak yang lain.

2.Biarkan bibit ikan bawal berukuran kecil keluar

Untuk beberapa saat biarkan terlebih dahulu bibit ikan bawal berukuran kecil keluar. Lalu untuk bibit yang tertahan pada ciduk atau net masukkan ke dalam bak yang lain.

3.Dilakukan berulang-ulang

Kegiatan di atas harus dilakukan berualang-ulang sampai bibit ikan bawal habis. Bandingkan dengan budidaya ikan gurame.

4.Usahakan untuk tidak melakukan seleksi dengan tangan

Melakukan seleksi ikan bawal berkualitas dengan menggunakan tangan di nilai kurang efektif dan kurang efisien. Sebab akan membutuhkan tenaga yang lebih besar dan memakan waktu yang lebih lama. Tidak hanya itu bibit ikan bawal pun akan stress atau teruka akibat terlalu banyak sentuhan.

Nah itu dia cara melakukan seleksi bibit ikan bawal agar mendapat ikan berkualitas. Cukup mudah bukan hanya bermodalkan ciduk/net saja kita bisa mencobanya dirumah. Selamat mencoba.