Informasi Terkini TPU Joglo

Tpu joglo jakarta barat

Jakarta Barat memiliki 11 TPU dan salah satunya adalah TPU Joglo. TPU yang satu ini sudah berusia cukup lama.

Dengan lahan hanya sekitar 6,5 hektar membuat tempat pemakaman yang terletak di Jalan Raya Joglo, Kelurahan Joglo, Kecamatan Kembangan ini sudah penuh.

Ya, menurut pengelola sudah sejak beberapa tahun terakhir TPU Joglo memang sudah dalam kategori penuh. Bahkan, sudah tidak ada lagi lahan yang bisa digunakan sebagai perluasan makam untuk menyediakan lahan makam masyarakat.

Hal ini bukanlah sesuatu yang mencengangkan bagi warga Jakarta khususnya Jakarta Barat. Dari 11 TPU yang ada, sudah sejak dulu memang 10 TPU yang ada dikatakan penuh.

Bukan juga menjadi berita yang heboh lantaran memang saat ini Ibu Kota mengalami krisis lahan makam hampir diseluruh wilayah DKI Jakarta. Bahkan, di Jakarta Barat hanya tinggal menyisakan TPU Tegal Alur dan kini menjadi tumpuan warga jika membutuhkan lahan makam.

Untuk Anda yang membutuhkan informasi TPU Joglo, di sini akan diberikan rangkumannya. Ada beberapa hal lainnya yang bisa Anda ketahui terkait tempat pemakaman umum yang ada di Jalan Raya Joglo ini.

Beberapa informasi yang telah dirangkum antara lain sebagai berikut:

Sudah tidak bisa menerima pembuatan lahan makam baru

Beberapa tahun terakhir bahkan sudah berjalan hampir 10 tahun, TPU Joglo sudah dikatan penuh. Warga Jakarta Barat tidak bisa memaksa meminta lahan makam jika memiliki anggota keluarga yang meninggal.

Untuk seluruh warga Jakarta Barat termasuk yang berada di Kelurahan Joglo, bisa menggunakan TPU Jakarta Barat yang masih menyediakan lahan yaitu TPU Tegal Alur.

Meski jauh, namun disitulah satu-satunya TPU yang masih ada lahan makam kosong walaupun kondisi terkini pun sudah hampir penuh.

Solusinya bagi yang mempunyai uang bisa membeli makam di San diego hills karawang, pembelian di sana bisa juga di bayar secara di cicil

Sistem makam tumpang

Sejak dikatakan penuh, pengelola selalu menawarkan sistem tumpang. Seperti TPU lainnya yang ada di Ibu Kota, sistem makam tumpang memang menjadi salah satu opsi. Hal ini sering diminati oleh banyak warga ketika terdesak.

Banyak warga kelurahan setempat yang juga memilih menggunakan sistem makam tumpang lantaran tidak mau memakamkan keluarganya di Tegal Alur.

Untuk aturannya, sistem makam tumpang bisa dilakukan asalkan ada hubungan saudara atau keluarga. Jika memilki anggota keluarga yang sudah dimakamkan di Joglo, maka bisa menumpangi makam tersebut untuk jasad yang baru.

Mengambil alih makam orang lain

Selain karena memiliki keluarga yang telah dimakamkan di TPU Joglo, bisa juga mengambil alih makam orang lain. Adanya makam yang tidak diperpanjang izin sewa makamnya oleh pihak keluarga membuat sejumlah makam bisa digunakan oleh orang lain walaupun tanpa ada hubungan keluarga.

Aturan seperti ini tidak hanya berlaku di Joglo saja namun juga berlaku di semua TPU yang ada di Jakarta. Walau terdengar kurang beretika, namun itulah yang harus ditaati oleh warga. Dan banyak pula makam yang setelah didata ternyata telah kadaluwarsa dan bisa ditawarkan kepada orang lain yang membutuhkan lahan makam.

Ditemukan makam fiktif

2016 lalu TPU Joglo menjadi TPU yang terkenal lantaran ditemukan 18 makam fiktif. Makam tanpa isi ini ternyata hasil dari para pekerja harian lepas yang merupakan warga kampung sekitar.

Demikian tadi ulasan mengenai TPU Joglo Jakarta Barat. Untuk informasi lebih rinci mengenai TPU yang satu ini misalnya jumlah tepat berapa makam yang telah ada dan informasi lainnya bisa langsung ditanyakan kepada dinas pertamanan dan pemakaman atau juga ke petugas TPU Joglo.