Mengenal Cutting Tool

Tahukah Anda bagaimana cara sebuah robot, mobil, dan mesin-mesin canggih lainnya dapat dibuat dan didesain dengan menarik? Dibalik semua itu terdapat pekerja yang telah merancang dan memproduksi bagian mekanis dari sebuah robot, mobil, dan mesin-mesin tersebut dengan memperhitungkan ketelitian dan bentuk yang indah. Tugas seorang engineer tentunya bukan hanya merancang, tapi juga mengeksekusi rancangan tersebut menjadi nyata.

Nah, untuk mengeksekusi rancangan tersebut menjadi sebuah bagian mekanis yang dapat diaplikasikan maka diperlukan juga alat yang nantinya dapat memotong material dari rancangan tersebut. Misalkan, memotong sebuah plat yang tebalnya 3 mm dengan bentuk seperti bintang. Seorang engineer tidak mungkin menggunakan gunting atau pisau untuk memotong plat tersebut. Biasanya enginerr menggunakan teknologi pemotong yang dikenal dengan cutting tools atau alat potong. Alat ini akan memudahkan engineer untuk menghasilkan bagian mekanik yang presisi.

Biasanya seorang yang bekerja dalam bidang permesinan sudah sangat mengenal dan paham cara untuk menggunakan teknologi cutting tools. Cara menggunakan teknologi cutting tools memilki tahapan yang berbeda tergantung pada jenis alat yang digunakan. Untuk seorang pekerja dengan skala bahan kerja yang kecil tentu sudah akrab menggunakan tap dan end mill. Dalam skala industri permesinan banyak digunakan alat yang lebih rumit seperti mesin bubut long desk, mesin tap, kartel, dan lainnya.

Bagi Anda yang tertarik dengan cutting tools sebaiknya lebih dulu mencari tahu jenis dan harga cutting tools yang ada di Indonesia. Berikut adalah uraian estimasi harga berbagai jenis cutting tools yang ada saat ini.

  1. Mesin Bubut

Pertama ada mesin bubut yang berfungsi untuk membuat pahatan. Variasi harga mesin bubut biasanya tergantung pada jenis mesin bubut. Semakin banyak fungsi pahat yang dihasilkan mesin maka harga mesin bubut juga semakin tinggi. Ada empat jenis mesin bubut yang saat ini banyak beredar di Indonesia, yaitu long desk bubut, mesin bubut standar, mesin bubut medium dan mesin bubut ringan. Mesin bubut long desk memiliki fungsi dalam skala industri atau yang besar. Mesin bubut standar memiliki karakter kuda-kuda yang lebih kuat. Mesin bubut medium biasa digunakan untuk menghasilkan kontruksi khusus dan lebih presisi. Terakhir, mesin bubut ringan adalah mesin bubut dalam skala kecil yang digunakan untuk melakukan bubut pada bahan kerja yang ringan. Bentuknya  pun sederhana seperti kursi atau bangku. Dibawah ini adalah estimasi harga mesin bubut berdasarkan jenisnya.

  1. Long Desk Bubut : Rp 100.000.000 – Rp 535.000.000
  2. Mesin Bubut Standar : Rp 30.000.000-100.000.000
  3. Mesin Bubut Medium : Rp 11.000.000 – Rp 30.000.000
  4. Mesin Bubut Ringan : Rp 275.000 – Rp 310.000
  • Cutter Milling

Kedua ada berbagai jenis cutter untuk kebutuhan permesinan. Eits, ini bukan cutter yang buat motong daging atau sayur yaa. Cutter disini merujuk pada jenis alat potong yang berguna untuk kebutuhan permesinan. Ada banyak jenis cutter yang digunakan tergantung fungsinya. Pertama ada jenis cutter face cutting yang digunakan untuk memotong sisi bagian depan bahan kerja. Kedua ada cutter side cutting yang digunakan untuk memotong horizontal permukaan bahan kerja, dan yang ketiga ada profil cutter yang berfungsi untuk memotong dengan hasil profil atau sesuai karakter tertentu. Untuk harganya tentu saja bervariasi. Harganya mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 200.000 tergantung pada jenis dan ukuran cutter milling.

  • Kartel

Kartel adalah mesin potong yang digunakan untuk menghasilkan permukaan kasar pada bahan kerja yang licin. Cara kerja dengan membuat alur-alur pada permukaan bahan keja dengan menggunakan roda gigi yang kasar. Bentuk permukaan yang dihasilkan dapat bervariasi tergantung keinginan dan alat yang digunakan. Harga mesin kartel cukup murah yaitu berkisar diantara Rp 116.000 hingga Rp 250.000. Harga tersebut sesuai dengan kualitas dan bentuk ulir atau alur yang dihasilkan kartel. Selain itu, jika mata kartel rusak maka Anda dapat membeli mata kartel secara terpisah dengan harga yang terjangkau yaitu sekitar Rp 40.000.

  • Mesin Tap

Mesin tap biasanya digunakan untuk membuat ulir jika ada bahan kerja yang membutuhkan untuk merekatkan mur. Maka bagian ulir sebagai tempat mur dapat dibuat dengan menggunakan mesin tap. Mesin tap adalah mesi yang paling umum digunakan sebagai alat cutting tools. Cara menggunakannya pun cukup mudah dan tingkat bahaya tidak tinggi. Namun tetap perlu berhati-hati dalam menggunakannya. Harga mesin tap sendiri berkisar diantara Rp 4.500.000 hingga Rp 99.000.000. Sedangkan untuk harga pisau potong pada mesin tap tergantung dari jenis dan ukuran, harganya mulai dari Rp 18.000 hingga Rp 60.000 per tap.

  • Bor Senter

Bor senter berfungsi sebagai alat potong untuk membuat lubang senter pada permukaan ujung bahan kerja. Sama halnya dengan bor biasa, namun bor senter digunakan untuk membuat lubang yang berfungsi sebagai dudukan senter putar yang tetap. Bor senter memiliki bentuk yang spiral pada kedua sisi ujung bor senter. Harga bor senter dipasaran cukup terjangkau, berkisar diantara Rp 32.000 hingga Rp 137.000. Nah, harga ini bergantung pada ukuran bor senter yang dibutuhkan, Anda juga dapat membelinya dalam paket sehingga harganya pun jauh lebih murah.

  • Mata Bor

Mata bor adalah pisau potong yang digunakan untuk membuat lubang baik pada kayu maupun bahan material lainnya. Jenis mata bor yang paling banyak digunakan saat ini adalah jenis mata twist. Jenis mata bor ini dapat diaplikasikan pada mesin bor tangan ataupun mesin bor duduk. Harganya relative lebih murah, banyak yang menjual mata bor dalam bentuk paket. Dimana dalam satu paket terdapat banyak jenis mata bor dengan ukuran dan fungsi yang berbeda. Disini estimasi harga yang dibuat adalah prosuk mata bor yang telah dipaketkan, namun Anda juga dapat membeli mata bor dalam bentuk satuan. Kisaran harga mata bor mulai dari Rp 145.000 hingga 315.000

Teknologi cutting tools di Indonesia bukan lagi hal yang sulit untuk ditemukan. Telah banyak tersedia berbagai barang terkait dengan cutting tools. Apalagi jika Anda adalah lulusan dari permesinan, tentu sudah tidak asing lagi dengan teknologi cutting tools. Bahkan peralatan cutting tools dapat dengan mudah ditemukan di laboratorium permesinan. 

Bagi Anda yang ingin membeli berbagai jenis cutting tools alangkah lebih baik untuk mencari terlebih dahulu merk atau brand yang berkualitas dan membandingkan harga cutting tools antar toko. Hal ini dapat membantu Anda terhindar dari kerugian dan kesalahan pada saat membeli.

Umumnya kebutuhan cutting tools telah banyak dijual di toko toko besar. Jika Anda kesulitan dalam menemukan jenis cutting tools yang dibutuhkan, maka cobalahmencarinya di situs online terpecaya yang menjual berbagai kebutuhan cutting tools.

Sumber : Gofir cutting tool ( best Distributor Resmi Cutting tools Indonesia )