Mengenal Jenis Oli Untuk Mobil

Jika Anda menggunakan layanan penyewaan rental mobil Jakarta atau perusahaan penyewaan mobil lain untuk alasan komersial atau pribadi, Anda perlu mengetahui oli untuk digunakan dan jenis mobil Anda yang benar. Ini untuk menjaga kondisi kendaraan dan tidak akan menyebabkan kerusakan setelah mengemudi atau jika oli diganti di luar jarak yang ditentukan.

Penting untuk menggunakan oli yang tepat untuk pengoperasian mesin yang benar. Oli yang sesuai juga dapat membantu mengurangi panas engine, karena dapat mengoptimalkan gesekan antara komponen engine yang berbeda.

Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan ketika memilih oli yang tepat untuk kendaraan Anda. Tujuannya adalah untuk secara khusus menentukan tingkat viskositas dalam pelumas mesin.

Yang paling penting, perhatikan informasi viskositas dalam pelumas simbol SAE, diikuti oleh serangkaian angka. Secara umum, angka-angka di atas menunjukkan tingkat kekentalan minyak dingin. Jika suhu mesin tinggi atau mesin berada pada suhu operasi, nilai ditampilkan berdasarkan viskositas pelumas.

Sebagai pelumas total, seluruh rentang kuarsa memiliki berbagai karakteristik ketebalan yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan mesin. Misalnya, Kuarsa 9000 Masa Depan SN GF50W20, Kuarsa 9000 Masa Depan SN 5W30, Kuarsa 9000 SN 5W40, Kuarsa 7000 SN 10W40, Kuarsa 5000 SN 15W50, Kuarsa 3000 SJ 20W50.

Sekarang setelah Anda memahami makna simbol viskositas oli pelumas, faktor apa saja yang perlu dipertimbangkan ketika memilih oli?

  • Tahun produksi mobil

Salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan ketika menentukan pelumas mesin yang tepat berdasarkan tingkat viskositas adalah tahun pembuatan kendaraan. Bagian mekanis di dalam mesin digunakan ketika mereka aus karena gesekan antara area logam, terlepas dari kualitas perawatan.

Gesekan yang dihasilkan berkurang selama bertahun-tahun, sehingga meningkatkan jarak antara komponen dalam mesin. Keausan ini harus diganti dengan minyak kental. Oli motor yang tebal dimaksudkan untuk melindungi bagian yang bergerak dengan lebih baik, terutama dinding silinder.

Penting di sini untuk melindungi dinding silinder karena oli terhubung ke saluran bahan bakar. Perhatikan juga bahwa kerusakan oli sebagian besar disebabkan oleh polusi bahan bakar yang memasuki sirkuit pelumas. Oli berat juga mencegah bahan bakar memasuki sistem pelumasan.

Viskositas karena pelepasan minyak yang kuat membantu pelumas di ruang bakar. Dalam hal ini, jumlah pelumas berkurang dengan cepat, apakah bagian dalam silinder juga terkontaminasi dengan minyak panas.

Mengingat fungsi oli dan kondisi kendaraan, pemilik harus memeriksa oli bekas. Ketebalan informasi viskositas lebih tinggi dari satu tingkat standar untuk perangkat dengan masa pakai lebih dari empat tahun. Misalnya, jika mobil baru disarankan untuk menggunakan oli SAE 5W-30, Anda dapat meningkatkan ke SAE 5W-40 atau SAE 10W-40 setelah lebih dari empat tahun.

  • Teknologi mekanik

Saat memilih pelumas, selain masa pakai kendaraan, teknologi yang digunakan dalam mesin juga harus diperhitungkan. Meskipun usia produksi kendaraan telah melebihi lima tahun, teknologi perakitan mesin telah berkembang secara signifikan.

Selain itu, mesin yang sangat terampil sering memiliki garis pelumas yang lebih kecil dari yang tradisional. Jika oli bekas terlalu tebal, beban pada motor akan meningkat dan tidak akan berfungsi.

Salah satu teknologi motor canggih yang digunakan dalam dekade terakhir adalah kontrol katup variabel. Teknologi ini dapat meningkatkan tidak hanya titik penjualan tetapi juga kinerja mesin. Teknologi ini digunakan untuk mengontrol katup variabel seperti B memiliki istilah berbeda dari produsen ke produsen. BMW VANOS, Valvetronic menggunakan Honda VTEC, Toyota VVT-I dan Valvematic.

Selama operasi, teknologi timing katup variabel ini bekerja pada mekanisme yang mengandalkan tekanan oli engine. Oleh karena itu, untuk kendaraan dengan teknologi mesin canggih, perlu dipertimbangkan untuk memilih spesifikasi pelumas yang sesuai. Dengan cara ini, kinerja mesin tetap optimal dan efisiensi mesin tetap terjaga.