Sikat Habis Rayap, Inilah Bahan Anti Rayap Alami

Rayap merupakan salah satu hama yang menjadi musuh rumah-rumah dan furniture yang berbahan kayu. Kemunculan rayap di berbagai tempat di sudut rumah seringkali memusingkan pemilik rumah, karena hama satu ini tidak jarang cukup susah dikendalikan. Bahkan tidak jarang orang-orang harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit guna mengganti perabot rumah tangga yang mengalami kerusakan akibat rayap. Pada dasarnya, kerusakan akibat rayap bisa diminimalisir jika Anda bisa mendeteksi keberadaan mereka dan segera mengatasinya. Untuk mengatasi rayap, ada cara-cara yang bisa Anda lakukan, baik secara alami maupun secara kimiawi. Berikut beberapa anti rayap alami yang bisa Anda coba praktikan di rumah.

Beberapa bahan alami yang dipercaya masyarakat mampu mengusir rayap adalah buah bintaro, daun sirih dan daun pepaya, serta garam dapur dan tembakau atau puntung rokok. Jika Anda menggunakan daun bintaro, pertama belah bintaro lalu potong kecil-kecil. Setelah itu Anda haluskan buah tersebut dengan menambahkan air. Apabila sudah, saring dan ambil sari buah bintaro kemudian gunakan untuk menyemprot area yang dihuni rayap. Selain buah bintaro, Anda bisa menggunakan garam dapur yang dicampur dengan tembakau atau puntung rokok. Bahan ini relatif lebih mudah didapatkan karena bisa dijumpai di rumah. Anda hanya perlu melarutkan garam dan tembakau atau puntung rokok ke dalam air setelah itu biarkan selama semalam. Jika sudah, saring larutan tersebut kemudian semprotkan pada perabot atau furniture yang ada rayapnya.

Campuran daun sirih dan daun pepaya juga bisa digunakan sebagai anti rayap alami. Bahan ini juga lebih baik digunakan jika Anda tidak kuat dengan aroma tembakau. Cara pembuatannya pun cukup mudah. Pertama, siapkan daun pepaya dan daun sirih, kemudian haluskan dengan tambahan air secukupnya. Setelah halus, saring lalu ambil airnya dan tambahkan alkohol 70%. Setelah selesai, Anda bisa langsung menyemprotkannya ke area yang dihuni rayap.

Cara-cara tersebut cukup mudah untuk Anda praktikan secara mandiri. Bahan yang digunakan pun merupakan anti rayap alami yang relatif tidak meninggalkan efek samping apapun bagi manusia. Metode alami juga lebih ramah lingkungan daripada penggunaan bahan kimia seperti pestisida yang berpotensi merusak ekosistem jika tidak digunakan dalam kadar semestinya. Bagaimana? Apakah Anda berminat menggunakan cara alami ini? Silakan mencoba.