Supaya Cantik Begini Cara Merawat Aquarium Jati Yang Baik Dan Benar

Aquarium atau Aquascape yang telah dirapikan rapi membutuhkan perawatan terstruktur supaya penampilannya konsisten prima dan menarik. Dua bulan pertama ialah masa dikala aquascape membutuhkan perawatan lebih intensif sebab ekosistem aquscape masih belum stabil. Berikut jadwal yang semestinya dilaksanakan untuk dua bulan pertama.

Perawatan Aquascape Pekan ke-1
Pada pekan pertama, ikan belum boleh dimasukkan ke dalam akuarium.

Kecuali situasi air belum stabil, ketidakhadiran ikan pada permulaan pemeliharaan juga bisa mengganggu perakaran tanaman yang kondisinya belum kuat. Malah, kotoran ikan juga bisa membikin meja aquarium jati pesat berlumut.

Kebersihan Air

Penggantian air idealnya 50% tiap-tiap hari selama seminggu supaya kadar NH4 tak naik dan akuarium tak berlumut.

Temperatur Air

Idealnya, temperatur air dijaga pada kisaran 24° C dengan temperatur maksimum 26° C.

Lampu

Nyalakan lampu selama 5 jam tiap-tiap hari. Timer dapat dipegang layak dengan waktu lengang Anda ‘merasakan’ akuarium hal yang demikian.

Perawatan Aquascape Pekan ke-2

Pada pekan kedua, ikan-ikan kecil pemakan lumut boleh dimasukkan, namun jangan diberikan makan selama satu pekan.Tujuannya, supaya ikan memakan lumut yang tersisa di daun dikala merasa lapar sehingga akuarium konsisten bersih.

Kebersihan Air
Air akuarium diganti setengahnya, dua kali seminggu.

Temperatur
Pastikan chiller atau kipas angin berfungsi dengan bagus supaya temperatur konsisten berkisar pada 25—27° C.
Lampu
Durasi menyalakan lampu dapat dinaikkan sampai 6 jam per harinya.

Perawatan Aquascape Pekan ke-3

Ikan boleh ditambah layak kapasitas akuarium dan dapat mulai diberikan pakan. Pakan semestinya habis dalam tempo lima menit. Kelebihan pakan semestinya dibuang dengan sistem disedot memakai slang supaya akuarium tak berlumut.

Kebersihan Air
Air akuarium diganti setengahnya seminggu sekali.

  • Temperatur Air
  • Temperatur air konsisten dijaga 26o C.
  • Lampu
  • Durasi menyalakan lampu dapat dinaikkan sampai 7 jam per hari.

Perawatan Aquascape Pekan ke-4 sampai Pekan ke-6

Sekiranya ada tanaman air yang membusuk atau tak sehat, lantas ganti dengan tanaman air yang baru. Sementara itu, penggantian air dilaksanakan tiap-tiap dua pekan sekali.

Perawatan Aquascape Pekan ke-7 sampai Pekan ke-8

Karbon aktif dan media saringan seperti arang, mulai dikeluarkan dari saringan. Ikan malah boleh ditambah layak dengan kapasitas akuarium. Pohon-pohon yang tumbuh terlalu panjang dapat dipangkas.

Kebersihan Air

  • Ganti 30% air tiap-tiap dua pekan sekali.
  • Lampu
  • Durasi lampu dapat ditambahkan menjadi 12 jam per hari supaya tanaman tumbuh optimal.

Perawatan Aquascape Lebih dari 8 pekan

Perawatan terstruktur dilaksanakan tiap-tiap dua pekan sekali dengan mengganti 50% air akuarium, mencuci saringan, membersihkan kaca, dan memangkas pohon yang layu atau terlalu tinggi.

B. Pemberantasan Lumut dan Keong

Lumut pada Tanaman Air

Lumut dapat menjadi pengganggu bagi hobiis yang berharap merasakan estetika aquascape. Salah satu sumber penyebaran lumut berasal dari tanaman yang baru dimasukkan ke dalam aquascape. Sebab itu, sebelum dimasukkan ke dalam akuarium, tanaman baru hal yang demikian perlu dipastikan bebas lumut. Sekiranya terdapat lumut pada tanaman hal yang demikian, lakukan langkah berikut ini.

Campur 100 cc larutan pemutih pakaian dengan 2.000 cc air bersih.
Celup pohon yang berlumut ke dalam larutan hal yang demikian selama 30 detik.

Bilas pohon hal yang demikian dengan air bersih hingga bau larutan sirna.
Tanam pohon hal yang demikian di akuarium.
Jangan terkejut kalau keesokan harinya Anda akan menemukan selaput putih di tepi daun pohon hal yang demikian. Selaput putih hal yang demikian membuktikan lumut telah mati.

Lumut pada Akuarium

Kecuali pada tanaman, akuarium juga dapat terserang lumut. Untuk menyelesaikannya, sebaiknya ganti air akuarium 2 kali seminggu dan pakai lampu UV pembunuh lumut (algae killer lamp). Air yang berlumut akan dipompa melewati lampu dan dikembalikan lagi ke dalam akuarium.